December 05, 2007

W.W.J.D

What Would Jesus Do, ato yang lebih sering disingkat WWJD adalah slogan Kristen yang uda akrab banget sama anak muda. Bisa dibilang uda jadi trend ga’ terpisahkan. Bahkan aksesorisnya uda banyak beredar, kebanyakan sih gelang tangan. Gw aja sampe punya 5, dengan berbagai macam warna…hehe.


Istilah WWJD pertama kali muncul sebagai judul buku yang ditulis oleh Charles M. Sheldon. Charles rupanya terinsipirasi oleh pengalaman pribadinya sebagai seorang youth pastor di Topeka, Kansas. Charles yang aktif sebagai pekerja sosial, suatu kali dapat dorongan untuk menyamar sebagai pengangguran yang hidup di jalanan. Charles bener-bener shock berat karena dia nemuin orang-orang Kristen ternyat ga’ peduli and ga’ bertanggung jawab. Hasil dari ‘pembongkaran’ kasus yang unik pada orang Kristen di kotanya, membuat Charles nulis IN HIS STEPS, dan membacanya dengan suara keras di tengah-tengah jemaat.


Dipublikasikan untuk pertama kalinya pada tahun 1897 dan dengan cepat menjadi best seller yang memberkati hidup jutaan orang di seluruh dunia yang telah lama bertanya “What does it really mean to be a Christian?”. Apa sih makna sebenernya menjadi orang Kristen? Buku In His Steps kemudian dicetak luas dengan judul What Would Jesus Do?.


Guys, WWJD itu bukan untuk gaya-gayaan. Itu lebih dari sekedar slogan. WWJD itu komitmen yang penting dalam hidup kita sebagai anak Tuhan. Kita bisa liat banyak orang mencibir orang Kristen. Mereka ga’ sepenuhnya salah. Karena emang sebagian besar dari orang Kristen ga’ mencerminkan kasih Tuhan. Liat pengemis and anak jalanan, ngeloyor pergi aja. And banyak tindakan negatif lain-nya yang justru dilakuin sama anak Tuhan. Our heart has become a calloused heart!!


Jujur ya, gelang WWJD and kalung salib uda lama ga’ gw pake. Karena gw malu! Pake aksesoris Kristen tapi koq hidup ga’ bener. Sampe gw bener, baru deh gw berani pake. Sekarang, gelang WJD itu uda gw pake lagi. Gw sengaja taro di tangan yang sering bergerak, supaya kalo gw mo ngapa-ngapain bisa keliatan. Jadi bisa nyadarin gw, and buat gw mikir “Kalo dalam posisi ini, apa yang bakal Tuhan lakuin ya?”. Gw juga punya WWJD Pocket Bible yang selalu gw bawa kemana pun gw pergi. And it proves, hidup gw jadi terkontrol.


So guys, if you wearing WWJD accesoris, jangan lupa cerita dibaliknya, and kenapa kamu pake WWJD. Stop jadiin itu gaya-gayaan! Kalo kalian pake WWJD tapi kelakuan kalian ga’ bener hanya akan permaluin Tuhan aja. Mending kalian pake gelang biasa.

1 comment:

Anonymous said...

wah, gw baru tau tuh maknanya.. just share, gelang WWJD gw tuh masih tersimpan rapih di laci kamar. thanx ya, gw diberkati loh, bahwa yg penting bukan pake untuk gaya tp jadi reminder utk hidup kita.
-just like He did-