December 05, 2007

'Till Death Do Us Apart


Beberapa minggu ini gw pusing liat berita infotaiment. Semuanya tentang cerai. Kayanya makin taon, cerai uda jadi trend di kalangan artis. Ga’ suka dikit bilang cerai, marah dikit cerai, disakitin dikit cerai. Plissss deh, ga’ ada cara lain apa?! Gw sebel banget liat berita kaya gitu. Pernikahan tuh kaya mainan. Kalo dah ga’ cocok tinggal cerai, gampang kan.


Waktu mereka ngucapin janji nikah, ato ijab Kabul, sebenernya pada siapa sih mereka berjanji?? Janji itu sebetulnya untuk dua pihak. Pertama untuk Tuhan. DIA adalah Hakim Agung yang memeteraikan pernikahan kalian, dengan materai darah! And kedua untuk pasangan yang kalian nikahi. Kalian berjanji untuk setia baik dalam suka maupun duka, sakit ato sehat, kaya ato miskin, sampe maut memisahkan!!! But hey, the reality is different. Kata cerai begitu gampang terlontar. Itulah kalo pernikahan ga’ ada komitmen. Kehantem badai dikit, langsung mewek.


Gw bener-bener acungin 4 jempol tuk Anna Maria. Dua kali dikecewain, tapi tetep aja kata cerai ga’ pernah terucap. Bahkan dia bilang gini, “Jangan pernah mikir cerai kalo ga’ mau cerai. Karena pikiran itu yang membuat kita ngelakuin.” Gile, top abies ga’ seh?! Roy Marten beruntung banget punya istri kaya gitu. Kenapa sih pasangan yang lain ga’ bisa kaya gitu??? Demen-nya ribut terus, bikin rame infotainment, cari sensasi terus. Padahal ga’ tau mana yang bener mana yang salah.


Pernikahan sering ribut karena pada ga’ mau ngalah. Maunya diberi terus, tapi ga’ pernah mo ngasih. Yaelah egois banget bu! Prinsip timbal balik ini menjadi top of mind kita gimana membina hubungan yang baik. Lho kalau kita ragu untuk memberi ya jangan berharap untuk dapetin sesuatu. Kan Tuhan bilang, berilah maka kamu akan diberi. Love is accepting instead of expecting stop looking for the right partner, but be the right partner.


Guys, amarah ato benci merupakan sesuatu yang wajar dalam pernikahan. Malah ga’ normal kalo ga pernah berantem. Om Jonny Herjawan bilang gini: Bisakah kita mencintai orang pada saat kita marah/benci sama dia? itu seperti kita ga’ bisa kacang yang ada di dalam coklat. Yang harus kita lakukan adalah kurangi (tawarkan) rasa benci tersebut, sedikit demi sedikit, hari lepas hari, hingga suatu saat kita dapat melihat cinta tersebut mulai muncul kembali. Karena cinta itu sebenernya ga’ hilang, cuma terbungkus rapi di dalam amarah/benci kita.


Have a happy marriage guys!! P.S: Bagi yang uda nikah pastinya.

No comments: