December 16, 2007

Bite Your Tongue

Gw pengen share tentang lidah/tongue. Bagian tubuh yang penting dari manusia, gunanya untuk ngecap rasa makanan. Itu sih semua orang juga tau. Lidah juga berfungsi untuk mengetahui penyakit kita. Mulai dari panas, lever, ginjal, sampe dehidrasi. Makanya dokter kalo meriksa kita suruh keluarin lidah. Tapi taukah kalian kalo ternyata lidah kita-lah yang mengendalikan jalan hidup kita???


Manusia menghabiskan 1/5 dari hidupnya untuk berbicara. Tapi tuk yang tukang gossip ya bisa lebih, iya apa iya?! Ps Jose kasih satu pasal yang bener-bener gw renungin semalaman. Yakobus 3 (dibaca ya bu!). Isi dari seluruh pasal ini bicara tentang Dosa Karena Lidah. OK, yang pertama dari Yakobus 3:3-5. Disini lidah diibaratkan sebagai pengekang pada mulut kuda, dan juga sebagai kemudi kapal. Lidah, meskipun anggota kecil pada tubuh, tapi peranan-nya sangat besar. Lidah mengendalikan hidup kita. Kalo kita dapat mengendalikan lidah kita, maka hidup kita bisa terkontrol. Be careful what you say, to whom you say. If you hard to control your tongue, ask God for help. Set a God over my mouth, Oh Lord. Keep watch the door over my lips (Psalm 141:3, NIV).


Yang kedua, dari Yakobus 3:5-6. Lidah dapat menghancurkan apa yang sudah kita bangun. A callous word can destroy god things we build overnight. Kita harus belajar untuk menguasai lidah. The tounge is a flame of fire, it is full of wickedness that can ruin your whole life, it can turn the entire course of your life into a blessing flame of destruction (Jacob 3:6, NIV).


Apa yang kita ucapin mungkin ga’ bermaksud seperti itu. Kata-kata kita hanya luapan amarah semata. Tapi dampaknya bisa jauh dari apa yang kita bayangin. Dalam Amsal 21:23 dan Yakobus 1:19, kita diberi tahu untuk menguasai lidah dan perkataan kita. If you want to stay out of trouble, be careful of what you say.


Yang ketiga, dari Yakobus 3:11-12. Lidah kita menunjukkan siapa kita sebenarnya. Apa yang keluar dari mulut kita menggambarkan apa yang ada dalam diri kita. If you have problem with your tounge, the real matter is in your heart. If you want to fix your tounge, first you have to fix your heart. It all coming back to your heart. Seperti ayat favorit kita, keep your heart with all diligence, for out of it spring the issues of life (Proverbs 4:23, NKJV).


Pasal ini sangat ngebantu gw dalam ngontrol lidah gw. I don’t want to become a liar again. Gw ga’ mau jatuh dalam lubang yang sama. Karena itu tiap pagi gw selalu minta Tuhan berjaga di depan mulut gw. Jangan sampe gw ngeluarin perkataan yang sia-sia lagi. I hope you guys can learn something.

No comments: