December 16, 2007

Photo Summit 2007

2 minggu kemarin gw pergi ke Galeri Nasional Indonesia. Ada pameran photo, baik dari Indonesia juga luar negeri. Gw exciting banget tuk dateng. And ternyata keinginan gw ke sana ga salah! Dari pintu masuk aja, foto yang dipajang uda buat gw terpana. Gile bo, keren abieeess!! Gw bener-bener yang dibuat cuma bisa nganga aja. Satu per satu foto gw telusurin, and decak kagum ga’ pernah berhenti dari mulut gw. Bahkan gw lupa kalo temen gw ada disitu…hahaha. Gw uda tenggelam dengan kharisma yang ditampilin. Guys, I can tell you those pictures really are great!!!


Banyak pertanyaan muncul di otak gw. Seakan bisa baca pikiran gw, tiba-tiba ada Bapak nyamperin gw. Taunya, bapak itu penyelenggara acara Photo Summit 2007 itu. And beliau termasuk photographer top Indonesia, lulusan Antara. Gw belajar banyak dari beliau tentang photography. Beliau ga’ pelit bagi ilmunya. Dengan sabar beliau jelasin satu per satu teknik pemotretan per foto. FYI, disitu fotonya banyak banget. So, itu bapak emang bener-bener sabar. Apalagi gw banyak tanya. Lho, malu bertanya sesat di jalan kan (ngeles terus…hahaha).


Satu hal yang pengen gw share, perkataan beliau ini bener-bener kena di hati gw. Juga ngubah cara pandang gw tentang photography. Photography is more than just art. More than taking good picture. More than just a hobby, or way to find money. But photography is a passionate. Kalo kita ambil foto dengan hati, maka hasil yang tadinya biasa, will become extra-ordinary. Keahlian emang dibutuhin, but if you blend yourself into the picture you’re taking, maka hasilnya will beyond your imagination. Inget kan ada ungkapan, a picture worth a thousand words.


Sebagai contoh, beliau nunjukkin satu foto di area Landscape. Fotonya tentang pemulung lagi mungutin sampah. Itu foto keren abis!! Peluh keringat wanita tua itu bisa keliatan. Ga’ hanya itu pemandangan yang ditangkep juga keren abis. Garis batas cakrawala-nya bisa keliatan jelas, juga awan-awan senja. Duh ga’ bisa gw gambarin secara jelas, pokoke top! Gw kaget banget waktu dibilang itu foto murni tanpa rekayasa. Hasilnya amazing banget!! Ternyata cerita di balik foto itu, sang photographer merasa terenyuh waktu ngeliat ibu tua itu mungutin sampah. So he tried to help her out, after that he took the picture. WOW!!!


Tuk dapet foto yang amazing, ga’ perlu seperangkat kamera yang mahalnya sampe puluhan juta. Meski kalian cuma punya kamera digital, ato bahkan kamera HP, kalian bisa koq dapetin foto yang luar biasa. If you have talent in photograph, train it. Never stop taking pictures (bukan tuk yang narsis ya bo!). Seorang photographer terkenal, dulunya ga’ lain seseorang yang hanya asal jepret. Tapi berawal dari kemauan kuat, mereka pantang menyerah berlatih sampe mendapatkan hasil yang extra-ordinary. Last but not least, see you at International Photo Competition 2008 J


P.S: Thanx a lot Pak Wahyu, for the knowledge you had given me. And thanx for encouraging me.

No comments: