December 10, 2007

Stop Corruption!!


Minggu, 8 Des kemarin ada kampanye KKN yang diselenggarain sama KPK. Bikin macet dari monas sampe Bundaran HI. Dah gitu sibuk bagiin buku panduan tuk nyetop KKN. It’s annoying banget. Bagi gw, itu hanya upaya untuk nutupin kebusukan yang uda mereka lakuin. Suap – ato yang lebih dikenal dengan nyogok – uda jadi budaya yang ga’ terpisahkan dari Indonesia. Suap adalah benih dari KKN. Di setiap bidang di Indonesia, suap selalu terjadi. Dari mulai urusan masuk sekolah, tilang polisi, bayar pajak, sampai menguapnya dana APBN. Yang menyedihkan, bagi sebagian orang, suap itu uda masuk hal yang wajar, sehingga dibenarkan.


Tiap hari, suap pasti terjadi. Contohnya, kalo kita kena tilang, kita lebih milih tuk “damai” daripada harus berurusan sama pengadilan. Emang lebih enak sih, kadang dikasih Rp 50000 kita langsung bebas. Tapi nilai moral-nya ga’ bener. Kalo dilakuin terus jadi membudaya (emang uda kali bo). Contoh lainnya, soal pajak. Orang pajak kan suka tuh nyantronin rumah-rumah, cari sasaran apa yang bisa dijadiin uang. Kalo dah ketemu objek-nya, mulai deh nego sama yang punya. Semua dilakuin tuk cari jalan cepet. Males berhubungan sama hukum.


Hal lebih parah terjadi di lembaga hukum/politik. Yang dikorupsi bukan jutaan lagi, tapi uda miliaran, bahkan triliunan. Kaum yang di bawah pada nangis-nangis karena dana yang seharusnya untuk mereka terbang entah kemana. Hukum juga ga’ bisa bertindak banyak. Emang sih uda ada beberapa koruptor yang ditangkep. Tapi cuma dihukum beberapa tahun aja, uda gitu dendanya kecil pula. Konspirasi selalu terjadi, sehingga para koruptor bisa lolos.


Gimana KKN bisa diberantas kalo hukum-nya aja ga’ tegas?! Asas “Siapa pegang duit dia yang menang” emang berlaku banget. Bahkan kalo boleh dibilang, aparat hukum juga takut berbuat tegas karena ada oknum yang lebih berkuasa. Kalo berani nentang, nyawa melayang. Hukum di Indonesia mah ga’ ada yang bener. Tuk ngeberantas KKN harus dimulai dari bawah. Dari masyarakat. Uda gitu baru ke lembaga hukum/politik. Kalo moral orang-nya bener maka bisa tuh diubah. Mo sanksi hukum setegas apapun kalo orang-nya masih bisa dikompromi, ya sami mawon.


Ga’ ada gunanya lagi KKN. Emang nikmat di awal tapi ujung-ujungnya bakal menderita. Kehilangan kepercayaan dan nama baik rusak. Kan kasian orang-orang yang duitnya kita tipu. Gw yakin keluarga kalian lebih prefer gaji kalian kecil, daripada punya duit banyak tapi ga’ halal. Tinggal tunggu waktu sampe kejatuhan kalian. Liat aja Soeharto. Selama 32 tahun berjaya, tapi tiba-tiba lengser. And sekarang nyandang gelar koruptor no. 1 di dunia. Malu yang dia terima kebawa selama-nya.


Jujur itu mata uang yang berlaku dimana-mana. Jangan suap menyuap lagi deh. STOP IT!! Kalian ga’ hanya ngerugiin banyak orang, tapi mostly yang rugi diri kalian sendiri. Lebih baik suap-suapan sama yayank…hahaha. Seperti kata penulis Amsal it’s better to have a little, honesty gained; than to have a large income, dishonesty gained.

No comments: