November 07, 2007

Web of Lies

4 minggu terakhir ini merupakan titik balik kehidupan aku. Semua topeng (kebohongan) yang aku kenakan, rontok dalam seketika. And selama 3 minggu ini aku menghabiskan waktu untuk mengakui semua kebohonganku kepada mereka2 yang aku bohongin. Semua perasaan bercampur aduk dalam hatiku, yang paling dominan adalah sakit hati. Uh sakitnya banget2!! But hey, itu konsekuensi dari apa yg sudah aku buat. Ini suatu proses menuju ke hidup baru. And yang mengejutkan, reaksi positif malah datang dari mereka yang bukan sahabatku! It was amazing!!


Sebenarnya untuk apa sih orang berbohong?? Dari pengalamanku sendiri, orang berbohong itu (1) karena ada akar perasaan tertolak (2) kita bisa merasa secure dengan diri kita sendiri, karena kita bisa jadi orang yang kita inginkan dalam kebohongan2 itu (3) uda kebiasaan, alias roh kebohongan uda meraja dalam diri mereka. Sekali orang bebrohong, maka dia perlu 20 kebohongan lain – ato bahkan lebih - untuk menutupi kebohongan yang lalu.


Kebohongan itu bisa diubah, asal dari dalam diri kita ada kemauan tuk berubah. Juga kita perlu dukungan dari orang2 terdekat kita. Lagian cape bo hidup dalam kebohongan. Musti inget2 apa aja kebohongan yang kita buat, contohnya kemarin gw bilang tinggal dimana ya, ato sekolah dimana. Orang yang suka bohong hidupny nggak akan pernah bisa tenang, karena selalu kuatir kalo2 keohongan-nya terbongkar. Orang lebih respect saat kita jadi diri kita apa adanya. Trust that, I’ve experienced it.


Seorang yg sangat kuhormati berkata beberapa hal,

  • Orang yang rendah hati adalah orang yang berani mengakui kebohongan yang mereka buat, and tidak mengulanginya lagi.
  • Sebelum seseorang berbohong, mereka sudah terlebih dahulu membohongi diri mereka sendiri.
  • Dibutuhkan kerendahan hati untuk mengaku bahwa kita lagi bermasalah, and we need others help.


I am not ashamed to share this. Coz it’s in my past, and I am NEW!! And ya, I do need help and I have it. I’ve a breakthrough within me. So whatever people say won’t bring effect on me. Yang mengijinkan opini2 masuk, meski itu baik ato buruk, ya hanya saya sendiri. Yang tau siapa saya, apa aja talent saya, gimana batas kemampuan saya, ya only ME.


Apakah sombong bicara seperti ini?? NO. Karena itu namanya rendah hati. Karena saya punya pandangan jelas tentang siapa diri saya, apa kemampuan saya. And I am proud to be the way I am now…

1 comment:

Anonymous said...

Gile, lu jujur banget sih! Ya gw sempet sedih, knp sih lu hrs boong sama gw. Kita kenal dah dr SMA jack!

But i really appreciate ur courage to tell d truth. Lbh bae gw tau dr lu, drpd gw dgr dr org lain, ato gw sibuk tanya2 sm org.

Gw ga' marah koq. Jangan dilakuin lagi ya. I'll always support you sis.