November 15, 2007

Global Warming

Hari ini gw menjalani panggilan interview kedua di perusahaan media. I am so excited, and really pray for it!! Lalu gw pulang menggunakan bus. Tidak lama, kena macet di depan halte Karet. Gw ngipas terus, panas bo. Pas gw liat ke arah kolong, banyak banget orang nutup muka pake tissue. Buset itu asap dari metro item pekat banget! Langit Jakarta parah banget. Apalgi polusinya, uda ga’ usah ditanya.


Man, our world really is dying. 10 tahun lalu, Jakarta ga’ sepanas sekarang. Suhu matahari cukup bersahabat untuk kita ngelakuin aktivitas di siang hari. Sebuah riset di internet menunjukkan bahwa suhu di Jakarta mengalami kenaikan 3-4ยบ celcius dalam 10 tahun terakhir. Tidak hanya di Jakarta saja, tapi di seluruh dunia, terutama di Negara2 maju seperti USA and Europe. Penyebab utamanya adalah rumah kaca, polusi, juga penggunan Freon dan CHC (berasal dari spray rambut).


Di Jakarta penyebab Global Warming juga karena makin sedikitnya ruang gerak dalam kota. Pohon2 ditebang untuk pembangunan mal dan perumahan. Padahal pohon2 itu merupakan penghasil utama gas Oxygen. Akibatnya gas beracun C02 tidak bisa diserap. Padahal yang paling dibutuhkan adalah oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis tumbuhan. 02 ini dihirup rame2 sama manusia, hewan dan tumbuhan. Jadi kebayang donk, betapa pohon itu penting, dan kenapa hutan disebut “paru-paru dunia”.


Untuk menghapus Global Warming hampir bisa dibilang mustahil. Tapi kita bisa mencegahnya supaya tidak makin parah. Berikut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan rame-rame:

* Lakukan uji emisi mobil kamu, selain mengurangi polusi udara, uji emisi bisa bikin irit bahan bakar.

* Jangan pakai hair spray, deodorant yang menghasilkan busa (foam) dan yang mengandung aerosol.

* Kalo belanja, biasain pake kantong kertas kaya di Amrik daripada pake kresek, repot dikit nggak apa-apa.

* Kalo asap knalpot motor kamu uda hitam, jangan cuek aja. Rajin service motor kamu, biar awet tentunya.

* Bikin kampanye damai. Pengaruhi orang lain dengan menulis kalimat yang ngajak peduli lingkungan di kaos yang kamu pake, ato kartu ucapan.

* Tanam pohon di rumah ato sekolahmu, kan bisa bantu program pemerintah juga.

* Kalo jalan di taman jangan injak rumput donk. Kan ada jalan setapak-nya.

* Jangan merokok. Selain polusi udara, ga baik juga buat kesehatan kamu.

* Sekarang uda ada beberapa kendaraan umum di Jakarta yang memakai bahan baker gas (contoh: Busway). Kalo pergi yang nggak terlalu jauh. Mending jalan kaki atau bersepeda.

* Bike to work guys!! Selain sehat, bisa hemat uang saku lho. Juga bisa berkenalan dengan bikers yang lain. Kan uda ada komunitas-nya tuh, buruan gabung.


Masih inget film The Day After Tomorrow kan?? Itu film bagus banget nge-gambarin efek dari global warming. Nonton-nya aja uda ngeri kan, apalagi kalo sampe kejadian. Iihh jangan sampe deh. Kalo film Ice Age gw suka, tapi kalo sampe Ice Age beneran???

So, ayo ubah bumi kita untuk ngga jadi makin rusak. Kita sebagai generasi muda harus jadi teladan, jangan dianggap rendah karena muda tapi lewat pembaharuan akal budi, kita ubah dunia. Let’s love the earth!!

Bless U All ^ __ ^

No comments: