November 15, 2007

Kegagalan? Siapa Takut?!

“Kegagalan adalah sukses yang tertunda”, itu slogan dari sebuah iklan rokok. Kalo dipikir2, ya belum tentu bener juga. Kegagalan bisa menjadi sebuah sukses yang tertunda kalo kita mau belajar dari kegagalan itu; mengambil hikmah-nya, dan berusaha lagi, maka kegagalan bisa jadi sukses yang tertunda.


Kegagalan itu nyakitin bo, bahkan bisa buat orang depresi. Tapi kita sebagai anak Tuhan ga boleh kaya gitu. Di dunia ini banyak orang gagal, bukan karena bodoh, tapi karena mereka putus asa dan berhenti berusaha. Padahal, putus asa itu menguras energi diri. Lagian nangisin kegagalan itu percuma, buang2 tenaga. Toh dengan nangis itu gagal ga’ bisa jadi sukses. Seperti kata penulis Amsal, “Jika engkau tawar hati (= putus asa) pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu”.


Jangan takut sama kegagalan. Lebih baik mencoba dan kemudian gagal, daripada tidak mencoba sama sekali. Kegagalan bisa jadi pelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kita juga bisa belajar sesuatu yang baru.


Gagal itu manusiawi, karena nunjukkin nobody’s perfect. Semua orang hebat yang kta kenal sekarang pasti pernah ngalamin kegagalan dalam hidupnya. Bedanya, ada yang tetap tekun dan berusaha lagi. Ada juga yang berhenti berusaha dan menyerah.


Never give up guys! Jadikan kegagalan sebagai cambuk; untuk berbuat lebih baik, dan bekerja lebih keras.

Be Blessed guys ^ __ ^

No comments: