November 29, 2007

Where will you be??

3-14 Desember nanti, PBB bakal ngadain UN Climate Change Confrence. Apaan tuh?? Konferensi Negara sedunia tuk bahas tentang global warming. And Indonesia dapet kehormatan tuk jadi tuan rumah, di Bali. Duh makanya baca Koran bu.


Gile ya panasnya Jakarta sekarang. Keluar rumah bentar aja baju uda basah. Panasnya itu nyengat banget. Gw tidur siang aja bisa basah kuyup. Seminggu yang lalu Good Morning beritain bencana Rope yang ngelanda Jakarta Utara. Bagi yang ga tau, bencana rope itu naiknya permukaan air laut ke daratan. Itu semua diakibatkan sama global warming. Disitu dibilang tiap tahun permukaan air laut bakal naik setinggi 5 mm. Tiap tahun lho, bukan 10 taon sekali.


“Ah cuma kecil bu, ga’ngefek koq. Toh naiknya cuma dikit. Ga’ kerasa kaleee.” Siapa bilang bu?! Bukti nyatanya bisa diliat di daerah Muara Baru, Pantai Mutiara, juga jalan menuju ke airport Soekarno-Hatta. Airnya berasal dari laut yang meluap. Ketinggian air di muara angke uda sampe 2 meter, itu kalo air laut lagi pasang. Bahkan waktu gw liat di internet dibilang kalo es di kutub utara uda mulai mencair. Akibatnya volume air laut makin meningkat.


Ok deh bagi kalian emang ga’ kerasa efeknya. Tapi coba pikirin mereka yang tinggal di daerah laut. Ato ga’ coba pikirin nasib anak cucu kita nantinya. Kalo global warming ga dicegah dari sekarang, mereka yang bakal ngerasin efeknya. Jangan egois donk, pikirin masa depan mereka juga. Permukaan daratan bisa jadi laut. Iklim bisa berubah drastis. Ujungnya dari semuanya, bumi bakal balik ke jaman es. Even worse than before. You can freeze to death. Komik di atas bisa jelasin semuanya kan??


Ask yourself this, “If the global warming happen, where will you be?” Bagi yang uda nonton The Day After Tomorrow pasti ngerti. Pasti tau gimana ngerinya. Ayo donk generasi muda, cegah sebelum terlambat. Sekarang efeknya masih lom parah, jadi masih bisa kita obati. Tanggal 1 desember nanti, jam 8 pagi, di seluruh Indonesia akan diadain Program Serentak Tanam Sejuta Pohon. Program ini diprakarsai sama Dharma Wanita Se-Indonesia (makanya baca Koran!). Ga’ ada salahnya kita join koq, apalagi kalo hari itu kita libur. And doain supaya UN climate change conference itu bisa dapet hasil yang baik tuk nanganin global warming.

No comments: