November 18, 2007

Speak Up!!

“Tuk Kebaikan, Beraniin Speak Up”. Itu slogan close up yang baru. Keren juga tuh, jadi gw dapet ide tuk share…hihihi. Btw iklan sekarang kreatif semua ya bu. And ga’ jarang bisa negur kita.


U guys have a fren that got into problems?? Like drugs, freesex, dunia malem, ato pembohong kaya gw dulu?? Gimana cara kalian hadepin mereka?? Apa diemin sampe mereka sadar sendiri?? Ato kalian ngomong sama keluarganya?? Ato kalian secara terang-terangan ngomong sama mereka langsung??


Kalo didiemin, ya ga’ bakal sadar, ya ga’ sih. Kecuali kalo dari merekanya ada kesadaran diri tuk berubah. Mereka butuh pertolongan, and nyari kita. Tapi biasanya orang-orang kaya gitu tuh pada bebal semua. Ato bisa juga karena uda terlalu lama ada di dunia hitam, muter terus disitu, jadi bingung gimana mo keluarnya. Tapi sebagian besar sih pada bebal semua.


Salah satu tugas dari seorang sahabat itu adalah menegor. Emang kadang nyebelin sih, kalo mereka uda dikasih tau tapi tetep aja ga’ mau berubah. Gw sendiri gitu. Gw kalo dah kasih tau orang sekali, tapi mereka tetp ngeyel, yauda gw diemin. Tunggu sama dia tenang baru gw ngomong lagi. Kadang nyebelin banget deh. But that’s our job tuk nyadarin mereka. Kalo bukan kita, siapa lagi yang mo care sama mereka. Kan sahabat selalu ada tiap waktu dan jadi sodara dalam kesukaran
J


Tuk negur pun ada aturannya, jangan main nyosor aja. You have to make sure, kalo mereka lagi dalam kondisi yang stabil tuk terima teguran kamu. Jangan pas mereka lagi down, terus tiba-tiba kamu datang dengan omelan kamu. Dijamin, mereka bakal tambah gablek!! Ps Jose bilang, saat mo negur temen kamu, pastikan dia dalam keadaan OK, bukan down. Bisa-bisa dia “khilaf”, karena mikir dah ga’ ada lagi yang sayang sama dia. Semua marahin dia. Bahaya tuh kalo dah gitu.


Dah gitu, jangan tegur dia depan orang banyak. Stay cool while u guys hang-out. Ngomongin soal kebaikan dia di depan orang. Tapi kalo kalian dah berdua, baru deh kalian bisa bicara. Jangan bongkar aib dia di depan orang. Kecuali kamu pengen nyudahin persahabatan kalian, ya please do so.


Sebulan yang lalu itu terjadi sama gw. Pas D negur gw dengan keras. Sebetulnya gw sakit hati pas dia negur, karena timing-nya ga’ tepat. Saat itu gw lagi down, eh dia datang nambahin luka hati gw. Tapi sayangnya gw ga’ bisa marah karena gw sayang sama dia..hiks..hiks. But she did that fow my own good.


Emang sih ga’ ada manusia yang suka ditegur. Kalo ditegur pasti deh, self-defense kita bangun. But hey, ini demi kebaikan kita. Memang sakit, tapi kalo nantinya bagus, ya ga’ pa-pa sakit sekarang. Inget lho, orang yang rendah hati adalah mereka yang mau selalu diajar.


Bless you all ^ __ ^

No comments: