January 03, 2008

Nabung Yuk

Jujur aja, yang sering bingung soal uang bukan hanya ortu, tapi kita juga. Apalagi kalo tuk yang uda kerja. Ga’ mungkin donk minta lagi sama ortu, kecuali kalo mepet banget. Itu juga itungan-nya minjem, kalo uda ada duit ya balikkin.

Gw termasuk orang yang boros. Uda mo masuk tahap gawat…hahaha. Tapi sejak 4 bulan terakhir gw uda mulai bisa kontrol keuangan, perlahan tapi pasti. Tapi kalo yang berhubungan dengan Batman, pasti bablas deh. Ga’ bisa nahan!!!hahaha. Gw boros dalam soal makanan, film and segala seuatu yang berhubungan dengan Batman. Meski gitu, masih bisa lha nyimpen 200-300/bulan.

Menabung adalah salah satu goal gw di tahun 2008. Gw pengen nabung lebih daripada yang biasa. Karena gw pengn banget beli kamera, yang khusus tuk photographer. Sebenernya bisa aja sama ortu, gw pengen beli itu dengan hasil kerja gw sendiri. Rasannya lebih nampol aja.

Berikut ada beberapa tips yang uda gw lakuin, and terbukti bisa bantu gw dalam ngontrol keuangan:
1. Buat anggaran belanja, juga skala prioritas
Emang ribet sih, tapi ini akan sangat membantu mengontrol pengeluaran kalian. Kita bisa taruh kebutuhan yang paling penting di urutan atas. Lalu kurangin deh semua kebutuhan yang penting-penting banget.

2. Bijak dalam memahami kebutuhan
Kebutuhan itu ada banyak macam. Ada yang sangat mendesak and penting. Ada yang nggak penting. Ada juga yang sifatnya hanya untuk kesenangan belaka. Kita sering keliru dalam hal itu. Begitu terima gaji, atau duit dari ortu, tangan rasanya gatal tuk belanjain itu. Padahal banyak kebutuhan penting kita lainnya, seperti pulsa, ongkos tiap hari, makan, kebutuhan kerja, dll.

3. Nabung di Bank

Ini langkah yang sangat baik. Kita nabung itu sebagai safety box tuk masa depan kita. Buat target kalian sebulan pengen nabung berapa. Begitu dapat gaji, langsung ambil jatah tuk ditabung. Tapi tunggu dulu. Cobalah kalian nabung di bank yang ATM-nya ga tersebar dimana- mana, seperti Bank Niaga, Ekonomi, Lippo, dll. Nah ATM itu kan hanya ada di tempat- tempat tertentu tuh, jadi pasti kita ga’ akan tergiur tuk ceapt ambil uang. Kalo perlu, nabung di bank yang ga’ punya ATM. Ada lho, Bank Century namanya.

4. Fell safe dengan apa yang kalian punya
Belajar tuk nyukupin diri dengan apa yanguda kalian punya. Ini penting banget, supaya kita ga’ jadi orang yang konsumtif. Kurangi jalan-jalan ke mal. Tuk ladies, jauhi tempat-tempat yang berlogo SALE!! Karena dijamin, para wanita paling ga’ bisa nahan kalo liat tanda itu. Tuk yang uda kerja, bawa rantangan dari rumah. Ga’ usah malu. Gw bawa koq tiap hari. Lebih sehat daripada beli makanan di luar. Kalo diledekkin cuek aja, tandanya mereka ngiri karena ga’ ada yang masakkin.

5. Careful with your credit cards

Ini nih musuh utama orang kantoran. Sekarang ini dapetin kartu kredit gampang banget. Cukup apply di stand mereka, 20-30 menit kemudian uda jadi. Bahkan ada orang yang punya kartu kredit sampe beberapa. Semua dilakuin hanya karena pengen ngejar promo dari bank yang nyediain. Eh bu, kalo kalian ga’ bisa nguasain diri, kartu plastik itu akan menjerat kalian, dengan hutang!

Guys, control your money. Inget, maslaahnya, bukan sedikit atau banyaknya uang yang kite terima, tetapi apakah kita bisa mengatur duit dengan bijak???

No comments: