January 03, 2008

Dilarang Mancing!!

Beberapa waktu lalu, ada seorang teman yang ngajuin pertanyaan ini: “Cen, lu punya dendam sama seseorang ga?” Karena dia tanya tiba-tiba gitu, gw jadi bingung mo jawab apa. Gw mikir cukup lama. Sebelum gw ngejawab, dia bilang, “Kalo lu jawabnya musti mikir dulu, artinya lu ga’ punya dendam sama siapa-siapa.” Jujur aja, gw bangga waktu dia ngomong kaya gitu J

Seorang dosen matematika di sebuah universitas tiba-tiba bertanya kepada seorang muridnya, “Coba kamu ukur berapa jauh dari Timur ke Barat itu?” Mahasiswa itu segeran mengambil kertas lalu mencoret-coret. Tiba-tiba dia mendongak dan terkejut, lalu berkata, “Wah, ga’ bisa dihitung Prof!”

Kalo emang gitu, Tuhan kita dahsyat banget ya?! Pengampunan yang DIA berikan ga’ terbatas. Kalo kalian inget dialog Yesus dengan Petrus, waktu Petrus bertanya berapa kali dia harus mengampuni orang yang bersalah sama dia, maka Yesus menjawab, “Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.” (Matius 18:21-22).

Bagi Petrus dan bagi kita, ngampunin tujuh kali aja uda luar biasa. Namun jawaban Yesus itu tentunya sangat mengejutkan kita semua. Arti daripada ayat itu adalah, Yesus ingin kita supaya memberikan pengampunan yang tidak terbatas. Coba aja mikir, mengapa Timur dan Barat tidak bisa dikur? Ya, karena ga’ ada batasnya. Coba kalo Utara dan Selatan, bisa diukur. Batasnya kutub utara dan selatan. Firman Tuhan berkata, “Sejauh Timur dari Barat, demikian dijauhkan-Nya daripada kita pelanggaran kita” (Mazmur 103:12). Nah, kalo uda gitu, apa yang Tuhan lakuin sama pelanggaran kita ya??

Kalo kita ke pantai, sering ada tulisan ‘Dilarang Mancing’, tul ga? Gitu juga yang Tuhan lakuin sama semua dosa kita. Tuhan membuang dosa dan pelanggaran kita ke tubir laut (Mikha 7:9). Bagi yang ga’ tau, tubir laut adalah bagian paling dalam di laut. Tuhan melempar segala dosa kita ke jurang yang terdalam, dan di atasnya Tuhan memasang huruf merah menyala, “DILARANG MANCING DI SINI.”

Kalo kalian menjadikan Tuhan sebagai sumber hidup dan motivasi kalian, maka kalian pasti bisa melakukan apa yang diperintahkan-Nya. Maafin orang yang uda bersalah sama kalian. Kalo uda maafin, ya jangan ungkit-ungkit lagi. Buang itu jauh ke dalam tubir laut. You’ll be happy when you can do it. Kalo kalian masih mikir tuk ngampunin, you better take a look at the cross, after that I’m sure you will be able to forgive.

No comments: