February 15, 2008

15-02-2003


Penyesalan selalu datang terlambat. I do aggre to that sentence. Semua orang di dunia pasti pernah ngerasain penyesalan. Penyesalan bisa terjadi karena kita ga gunain / sia2in kesempatan yang ada, padahal kesempatan itu ga datang dua kali.

Gw pribadi sampe sekarang masih ngerasain penyesalan, yaitu saat koko gw wafat. Itu masih berbekas banget di hati gw, and gw ga’ tau sampe kapan gw bisa ilangin rasa sesal itu. Pertama, gw nyesel karena ga’ pernah bilang kalo gw sayang sama dia. padahal dia uda beberapa kali bilang dia sayang sama gw. Kedua, karena gw ngecewain dia dengan hidup ga’ bener. Kalo dia masih ada, gw ga’ tau deh seberapa kecewanya dia.


4 tahun lalu, pas gw dikabarin dia uda ga’ ada, serasa ada binatang yang nyabik-nyabik hati gw. Serasa dunia tuh jatuh nimpa gw. Koko gw merupakan orang terpenting dalam hidup gw. Semua hal yang baik yang ada dalam diri gw, dia yang tanem. Dia seperti ayah kedua buat gw. And pas gw tau dia uda ga’ ada gw mikir, man how I could I live without him?? Gw curhat sama siapa lagi?? Siapa yang didik gw lagi?? Siapa tempat bersandar gw??


Berbulan-bulan gw hidup dalam kesedihan. Gw selalu tidur dengan meluk foto dia. Gw kangen luar biasa sama dia. Tiap sabtu ga’ ada lagi midnight. Tiap minggu pagi ga’ ada lagi jalan-jalan di ancol. Seketika gw berubah jadi orang yang tertutup and dingin. Itu salah satu penyebab ada jurang antara gw and keluarga gw. It hit me badly!! Gw bener-bener ancur banget. And gw sempet ga’ gereja selama 2 taon, karena gw marah banget sama Tuhan. Hidup gw bener-bener ancur.


Seiring berjalannya waktu, Tuhan emang setia banget. Dia bawa orang-orang baru dalam kehidupan gw. Mereka 2 orang di luar keluarga gw yang bisa runtuhin semua gunung es yang gw bangun. Gw mulai ke gereja lagi, and perlahan luka hati gw disembuhin. Meskipun gw masih gablek sampe 4 bulan terakhir. Perkataan dari seorang sahabat nyadarin gw. Dia bilang, “Kalo lu ga’ berubah sekarang, koko lu di surga juga malu punya ade kaya lu!” Keras banget ya, tapi itu yang ngubahin gw.


Guys, kehilangan seseorang yang sangat kita kasihi itu nyakitin banget. Apalagi kalo mereka ga’ pernah tau seberapa besar kita mengasihi mereka. So, berikan yang terbaik untuk orang di sekelilingmu sedari sekarang!! Meski sama orang yang kalian benci sekalipun. Sehingga pas waktunya nanti, ga’ akan ada penyesalan. Semua akan jadi lebih indah kalo waktu masih ada kesempatan terbuka lebar, saat itulah kita sudah dan terus melakukan banyak hal yang dapat membuat seseorang menyadari bahwa ia sangat kita kasihi.


Gw tau dia uda tenang. Ga’ ada lagi airmata, kesakitan, atau duka. Gw uda seneng banget Tuhan kasih gw waktu 17 tahun sama dia. And gw percaya suatu hari nanti kita pasti ketemu lagi. Perpisahan gw sama dia cuma sementara. And gw akan berusaha lebih baik lagi untuk orang-orang yang gw sayang. I love you, ko. More than you will ever know…




1 comment:

Anonymous said...

do u go to ur bro's grave?
gw rasa uda waktunya tuk lu 'bangkit' sis. percaya sm gw, ko2 lu ga akan suka liat lu yang cengeng ky skrg ini. mana cen2 yang 'ndablek' yg selama ini gw kenal?!
klo lu ga bangkit, gw yakin ko2 lu pst akan kecewa bgt sm lu!